28 October 2010

Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Psikologi

Posted in My Campus Lecture, TUGAS KULIAH at 1:25 pm by Kang Drajat

Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Psikologi contohnya dalam Situs jejaring sosial atau social networking memang sedang marak akhir-akhir ini. Facebook sebagai salah satu leader dalam social networking dunia saat ini mulai banyak dipertimbangkan keberadaannya, terutama oleh perusahaan-perusahaan dan perkantoran.

Tidak dapat dipungkiri, dominasi akses Internet harian di Indonesia masih didominasi akses publik, entah ditu dari tempat kerja, kampus ataupun pusat-pusat keramaian yang telah banyak menyediakan akses hotspot. Itulah mengapa load tertinggi akses Internet di Indonesia terjadi justru pada hari-hari kerja. Hal ini tentunya mengundang pemikiran dari berbagai pihak, baik perusahaan maupun perkantoran terkait dengan produktifitas kerja karyawannya. Hal ini sangat wajar, mengingat Facebook ataupun situs jejaring sosial lainnya telah mendatangkan satu euphoria tersendiri bagi masyarakat, terutama dalam hal relasi dan konektivitas harian. Yang paling menyenangkan adalah dengan jasa Facebook ini, user yang dapat menemukan kembali teman-teman lamanya dengan berbagai opsi komunikasi yang ditawarkan. Selain itu Facebook juga masih menawarkan berbagai feature menarik yang dapat kita pakai untuk menyapa atau bermain dengan teman-teman kita. Hal-hal inilah yang memicu kekhawatiran banyak pihak, karena dengan banyaknya feature komunikasi yang ditawarkan, dikhawatirkan akan membuat usernya lupa waktu dan pekerjaannya. Itulah mengapa mulai banyak perusahaan yang berusaha menutup akses situs jejaring sosial ini di area perkantorannya.

Tapi sebenarnya jika dilihat dari sisi lain, sebenarnya banyak juga manfaat yang bisa didapat dari situs jejaring sosial semacam Facebook ini bagi pekerjaan. Hal ini khususnya terkait dengan pekerjaan yang membutuhkan konektivitas dan relasi yang luas dengan ’dunia luar’, seperti marketing, public relation bahkan para pemilik usaha sekalipun. Mengapa bisa demikian? Karena jika Facebook dapat dimanfaatkan dengan baik, maka situs social networking ini akan banyak memberikan manfaat dalam hal promosi dan publikasi suatu bisnis. Banyak beragam komunitas yang berkembang dalam situs jejaring sosial ini, beragam informasi dan pemberitaan pun kini bisa kita dapatkan dari komunitas ini. Semua itu tentunya belum termasuk aspek relasional yang menyertainya.

Hal serupa telah dicontohkan lebih dahulu oleh Telkom Bandung sebulan yang lalu dengan mewajibkan semua karyawannya untuk memiliki account Facebook dan blog. Menurut mereka, hal ini sangat penting untuk product knowledge karyawannya. Telkom menganggap Facebook dan budaya blogging yang saat ini sedang marak berkembang sangat penting untuk diketahui seluruh karyawannya sebagai salah satu senjata memasarkan produk-produk mereka.

Jadi, jika bisa dimanfaatkan dengan lebih bijaksana, sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari situs jejaring sosial seperti Facebook ini. Aspek komunikasi, relasional hingga pemberitaan dan informasi bisa kita dapatkan dari social networking ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: